Nov 4, 2007

Indonesia Akan Jadi Presiden DK PBB

Sabtu 06.10.07 - 03.00 AM

Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengungkapkan Indonesia akan menjadi Presiden Dewan Keamanan PBB pada November 2007.

"Hal itu terungkap dalam pembicaraan saya beberapa saat lalu dengan Sekjen PBB Ban Ki-Moon," kata Presiden Yudhoyono, saat berbuka puasa bersama dengan para petinggi dan prajurit TNI sekaligus malam syukuran HUT ke 62 TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Jumat.

Kepala Negara mengatakan, dalam pembicaraannya dengan Sekjen PBB Ban Ki-Moon, Presiden menjelaskan kebijakan kepemimpinannya sebagai Presiden DK PBB, yakni dengan menggalang kekuatan kawasan Afrika-Afrika, Timur Tengah-Timur Tengah, dan Asia Timur untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di kawasannya.

"Meski begitu konsep itu bisa diterapkan untuk menyelesaikan berbagai konflik di kawasan lain," ujarnya.

Presiden Yudhoyono mengungkapkan, hingga kini situasi keamanan di Afrika masih kurang menggembirakan demikian juga situasi keamanan di Timur Tengah yang masih dipenuhi konflik.

"Karena itu sebagai bagian dari masyarakat internasional Indonesia harus senantiasa siap jika sewaktu-waktu harus terlibat dalam misi perdamaian PBB, khususnya di Afrika seperti di Darfur, Sudan Selatan," katanya.

Copyright © 2007 ANTARA

No comments: