Dec 25, 2007

Mistakes are O.K.-able

Ini dia salah satu buku favorit gw, Becoming a Star, penulisnya Pak Mario Teguh. Buku ini memotivasi gw banget dan sedikit mengubah point of view gw sama beberapa hal.

Berikut ini salah satu topik yang menurut gw keren banget.

MISTAKES are O.K.-able

Kita membutuhkan 'kesalahan' untuk mencapai kualitas hasil yang lebih tinggi dari pada yang bisa kita capai kalau kita berhasil pada upaya pertama.

Kesalahan yang tidak mematikan selalu memberikan kesempatan kepada kita untuk memperbaiki diri. Dan dengannya kita menjadi lebih kuat, lebih liat, lebih siaga ; sehingga kita menjadi lebih cepat bereaksi terhadap tantangan dan kesulitan, dengan ketepatan dan kekuatan yang lebih baik.

Sebagai acuan sederhana, berikut adalah cara-cara positif dalam menyikapi kesalahan.

  1. Kesalahan kita butuhkan untuk mencapai hasil yang lebih baik, karena timbulnya kesalahan adalah tanda diperlukannya cara-cara yang lebih baik.
  2. Membuat kesalahan, dan bahkan gagal dalam melakukan sesuatu yang berguna, adalah lebih baik dari pada tidak pernah salah karena tidak melakukan apa pun.
  3. Kesalahan yang tidak kita hadapi dan tidak kita pandang tajam di matanya, akan timbul lagi pada tempat dan kesempatan lain.
  4. Pemimpin bisnis yang kemarahannya adalah tentang hal-hal yang sama selama bertahun-tahun, adalah orang yang sedang memimpin organisasi yang sedang dalam perjalanan turun.
  5. Karena kesalahan selalu memberikan pelajaran untuk mencapai cara-cara yang lebih baik, maka tidak penting apakah itu kesalahan kita atau kesalahan orang lain.
  6. Bila kita tidak mencapai keberhasilan hebat; masih ada keberhasilan baik, keberhasilan lumayan, keberhasilan cukup, lalu... hampir berhasil, baru kemudian "... nggak apa-apa kok!"
  7. Kita membutuhkan kunci pembuka pintu kesungguhan untuk menghadapkan wajah ini ke wajah kesalahan kita, untuk berdiri gagah di atas kesedihan dan ketakutan kita, dan mulai melakukan sesuatu yang akan mengeluarkan kita dari masalah, menuju keadaan yang lebih baik.
Semoga bermanfaat!


No comments: