Jul 8, 2008

Keseimbangan Matematika dalam Al Quran

DnP cafe 09.15 pm

Seperti halnya alam semesta yang diciptakan-Nya dalam keseimbangan yang menakjubkan, tanpa cacat,tanpa cela dan dalam ukuran yang tepat, demikian juga halnya dengan Al-Quran.


Al-Quran mengungkap kebenaran dirinya sendiri, salah satunya dalam bentuk keseimbangan matematika. Susunan Al-Quran yang terdiri dari 114 surat, 30 juz, 6236 ayat, 29 surat Fawatih dan 85 surat bukan Fawatih, 86 surat Makkiyah dan 28 surat Madaniyah, adanya 30 ayat Muqhatta'at, 78 huruf dalam 14 kombinasi ayat muqhatta'at dan adanya 30 bilangan yang disebut secara tegas dalam Al-Quran, semuanya menjadi bagian sistem pengamanan ( kriptografi ) tercanggih yang tidak ada satupun makhluk mampu membuatnya, apalagi menandinginya.

Demikian juga angka 0 ( nol) - cikal bakal revolusi ilmu pengetahuan, khususnya computer, ternyata disebutkan secara nyata dalam bentuk keganjilan komposisi kalimat Basmallah. Semuanya terbuka melalui sebuah public key ( kunci publik ) bilangan 19 seperti dinyatakan dalam surat Al-Muddatsir ayat 30-31. Dan rahasia keseimbangan semakin terbuka lebar ketika bilangan prima muncul dalam komposisi Al-Quran.

Bilangan-bilangan itu terus berhamburan mengungkapkan kebenaran Al-Quran yang pada akhirnya bermuara kepada Tauhid, bahwa Allah lah yang menurunkan Al-Quran dan memeliharanya dari campur tangan manusia melalui peranan bilangan sebagai tentara-tentara Nya yang tidak ada batas akhirnya.

Tertarik membacanya?

No comments: