Jul 24, 2008

Microsoft Innovative Teacher - Bolehkah Software Bajakan Dipakai untuk Pendidikan?

Fino Yurio Kristo - detikinet

Yogyakarta - Perhelatan Microsoft Innovative Teacher di Yogyakarta rupanya juga menjadi ajang para guru mencurahkan isi hati. Salah satunya soal software bajakan.

"Di sekolah saya semua komputer memakai software bajakan. Bagaimana itu pak, boleh atau tidak?" demikian pertanyaan polos seorang guru di sela-sela acara di yang berlangsung di Yogyakarta ini.

Menanggapi hal itu, Rapin Mudiardjo, penggiat Teknologi Informasi dari ICT Watch menjelaskan bahwa hal semacam itu memang dilematis karena dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan. Namun memang jelas bahwa memakai software bajakan dilarang undang-undang.

Sebelumnya, dilema semacam ini juga menimpa warnet yang memakai software ilegal. Dan memang secara ekonomi, harga software berlisensi relatif mahal bagi masyarakat Indonesia.

Solusi yang sudah ditempuh misalnya dengan pendanaan laboratorium komputer yang sudah lengkap dengan software asli di sekolah, atau bisa juga dengan memakai software Open Source. Namun kendalanya, Open Source relatif belum memasyarakat sehingga banyak yang lebih memilih software bajakan.

"Memang ini masih menjadi pekerjaan rumah yang besar baik bagi pemerintah maupun pemegang lisensi, dalam hal ini Microsoft," tutur Rapin.

Baca selengkapnya

No comments: