Mar 12, 2009

Dies Emas ITB: Alumni Berdialog tentang Teknologi, Daya Saing dan Masa Depan Bangsa

BANDUNG, itb.ac.id

Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) berdialog dengan tema "Teknologi, Daya Saing, dan Masa Depan Bangsa" pada hari Sabtu (07/03/09) pukul 08.30-17.30 di Aula Barat ITB. Acara yang dibuka dengan pengumandangan lagu Indonesia Raya oleh Paduan Suara Mahasiswa (PSM) ITB ini, dihadiri oleh Hatta Rajasa, selaku ketua IA-ITB. Selain itu, hadir pula Antasari Azhar, ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang memberikan ceramah umum berjudul "Model Pemberantasan Korupsi, Kendala dan Prospek".


Acara dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama merupakan sesi pembuka dan ceramah umum. Sesi ini diisi oleh Antasari Azhar yang dimoderatori oleh Djoko Santoso dan Satyo Fatwan dengan judul "Arti Penting Peranan Karakter Dalam Pembangunan Sumber Daya Insani yang Unggul dan Bermartabat", yang dimoderatori oleh Widya Nugroho Sulasdi.

Sesi kedua merupakan pandangan alumni ITB terhadap politik, pendidikan, kesejahteraan, dan ekonomi, dengan topik "Masa Depan Bangsa". Pada sesi ini, Hatta Rajasa menyampaikan ceramah berjudul "Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dalam Bingkai Kehidupan Politik", yang dimoderatori oleh Jetty R. Hadi. Raden Pardede juga menyampaikan ceramah berjudul "Pelajaran yang Dipetik dari Krisis Keuangan Dunia : Usulan Perubahan Strategi Kebijakan Perekonomian Indonesia."

Setiap peserta dialog diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan setelah materi ceramah selesai disampaikan. Begitu tingginya antusiasme peserta dalam forum diskusi kali ini, membuat durasi sesi ke-dua menjadi lebih panjang dari yang direncanakan.

Pada sesi ke-tiga, membahas topik baru mengenai "Daya Saing Bangsa". Umar Juoro yang juga pakar ekonomi nasional, memberikan ceramah berjudul "Politik Teknologi Mendorong Kebijakan Mikro Ekonomi dalam Peningkatan Daya Saing Bangsa."Di akhir acara, Umar selaku alumni Fisika'79, menyampaikan harapannya pada para alumni untuk kemajuan masa depan ITB,"89 tahun ITB telah berkontribusi pada Negara dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan pemerintahan. Oleh karena itu, semoga sumbangan ilmu dari para alumni dapat menjadikan bangsa lebih baik lagi".

Seusai acara, Hatta selaku ketua IA-ITB, menyampaikan ucapan selamat untuk Dies Emas ITB saat ini dan harapan untuk masa depan ITB, "Semoga alumni dapat memberikan kontribusi yang lebih baik lagi untuk ITB," pesan Hatta pada wawancara dengan Kantor Berita.

No comments: