Apr 3, 2009

Deklarasi Mahasiswa untuk Kemandirian Energi Bangsa

BANDUNG, itb.ac.id

Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia menyatakan sikapnya dalam Deklarasi Konferensi Energi Mahasiswa Nasional Indonesia (KENMI) 2009. Disahkan di Aula Timur ITB, Selasa (17/03/09), deklarasi ini merupakan puncak dari rangkaian acara KENMI 2009 yang berlangsung selama 5 hari dan diprakarsai oleh Keluarga Mahasiswa ITB.

Deklarasi KENMI merupakan pernyataan sikap mahasiswa menanggapi permasalahan energi di tanah air. Dalam deklarasi tersebut tertulis bahwa mahasiswa berjanji untuk mewujudkan kemandirian energi bangsa, berperan aktif dalam mendorong perkembangan energi alternatif,dan bersatu dalam mengupayakan pengoptimalisasian potensi energi daerah di seluruh kawasan Indonesia demi menuju kemandirian bangsa.

Deklarasi KENMI lahir setelah melalui berbagai proses. Pada Minggu (15/03/09), para peserta menghadiri seminar yang membahas persoalan energi dari berbagai sudut pandang. Sesi pertama seminar menghadirkan para pembicara antara lain Ketua Umum IAGI, Lambok Hutabarat; Perwakilan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Alam; dan Mantan Menteri Negara BUMN, Sugiharto. Masing-masing membawakan makalah mengenai potensi dan permasalahan energi di Indonesia dilihat dari sudut pandang pelaku industri, ekonomi, dan kebijakan pemerintah. Seminar kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua berupa presentasi dari 7 orang perwakilan mahasiswa peserta KENMI. Ketujuh peserta tersebut berasal dari ITB, IPB, UGM, Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Sam Ratulangi, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Bengkulu (UNIB).

Baca selengkapnya

No comments: