May 2, 2009

Selamat Hari Pendidikan Nasional !!

hari ini 2 mei adalah Hari Pendidikan Nasional.

jujur gw sedih banget ngeliat kondisi pendidikan nasional di negeri kita tercinta ini.
gw bisa bilang begini karena kebetulan sekarang nyemplung di dunia pendidikan. habis kemarin terdampar di dunia IT & Telco, terus di bank, rasanya kok lebih enjoy di pendidikan. he3

s
etaun kemarin sempet ngajar di salah satu sekolah nasional plus di selatan jakarta. ngajar year 7, 8 ama 10. jadi wali kelas juga buat year 11. satu kekaguman gw, anak-anak sekarang lebih kritis dibanding jaman kita sekolah dulu. apalagi dengan kemajuan teknologi sekarang ini, bayangin aja, mereka tau aja ngebuka web-web yang diblok ama admin sekolah gw. namun di sisi lain, gw agak kasihan ngeliat beban belajar mereka sekarang ini. bayangin aja, sekarang mesti masuk pagi banget jam 6.30. pulangnya pun jam 3an.

menurut gw, potensi besar yg ada ini terlalu sayang untuk disia-siakan. ada yg salah ama sistem pendidikan kita. ada yg salah sama orang-orang yang semestinya bertanggung jawab demi kemajuan pendidikan di repoeblik ini.

jadi inget lagi kasus mahasiswa kita, David Hartanto Widjaja, yang pada bulan Maret kemarin meninggal secara misterius di NTU (yg katanya ITB nya Singapore). bukankah patut disayangkan, anak-anak moeda negeri ini TIDAK dihargai di negerinya sendiri. anak-anak terbaik repoeblik ini yang mestinya berkarya untuk bangsa dan negaranya, dikarenakan sesuatu hal, malah berkarya di negeri orang.

sudah saatnya kita BONGKAR dan kita PERBAIKI sistem pendidikan kita. kembali pada ajaran dan petuah bijak Ki Hajar Dewantara. Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani.

dan pengalaman gw kurang lebih hampir 2 tahun di pendidikan ini, sekolah-sekolah internasional maupun nasional plus itu gak hebat-hebat amat! mereka menang di fasilitas. punya guru-guru expat. dan itu pun yg memang bener-bener berkompeten di pendidikan bisa diitung jari. sekarang gimana coba, di sekolah itu bule jadi principal/teacher, tapi di luar kelakuannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. rasanya gak pantes buat dijelasin di sini. he3.

so menurut gw, kita bisa kok memajukan pendidikan di negeri tercinta ini. kita tidak butuh mereka untuk jadi pegajar di negeri ini. sebagai konsultan it's ok lah. tapi untuk sebagai pengajar. NO WAY! kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi kita mampu BERDIKARI.
he3.

maaf temen-temen kalo pagi-pagi gini gw uda curhatan nasional. gak ada maksud apa-apa. cuma ingin melihat negeri ini lebih baik lagi. mampu berdiri tegak. sejajar dengan bangsa-bangsa maju lainnya di dunia. semoga!




Untukmu Tuhan, Bangsa dan Almamater!
Merdeka!


Mengutip salah satu buku yang menyatakan bahwa :
"Sebagai proklamator, Bung Karno dan Bung Hatta sepaham bahwa "mencerdaskan kehidupan bangsa" adalah mencapai kehidupan yang cerdas bagi bangsa, artinya bukan sekedar cerdas otak, melainkan hidup yang cerdas alias bermartabat. Kaum intelegensia sekalipun, jika mudah diatur oleh kemauan kekuatan asing, tidak cerdas hidupnya"


No comments: