Nov 27, 2007

Sistem Kilat Matematika Dasar Metode Trachtenberg


DnP cafe 07.47 pm

hmmm. jadi inget masa-masa kuliah di ITB dulu. yup. pas gw buka lembaran pertama buku ini, ada signature gw ama tanggal di situ. 061299. artinya? pas 6 Desember 1999, buku ini gw buka buat pertama kalinya. trus ga baca. biarpun sampe sekarang gak beres-beres. he3.

what an interesting memory for me! jadi inget masa-masa SD gw dulu di Pangudi Luhur. siapa yah nama guru SD gw? oh ya, Bu Erly. inget banget soalnya dulu pernah ada memori terindah bersama beliau. he3.

back to the book. Metode cepat matematika dasar Trachtenberg ini sering juga disebut "stenografi matematika". Metode ini hanya memerlukan kemampuan menghitung dari 1 sampai 11, meniadakan pembagian panjang seperti yang kita kenal, dan menghilangkan daftar perkalian.

Jakow Trachtenberg, pendiri Institut Matematika di Zurich, Swis, dan pencipta sistem baru aritmetika, mempunyai keyakinan bahwa setiap orang dilahirkan di dunia ini dengan "potensi berhitung yang luar biasa".

Trachtenberg adalah seorang insinyur lulusan Institut Teknologi Pertambangan di St. Petersburg, Rusia. Kehidupan Trachtenberg memikat dan mengagumkan, sama dengan sistem matematikanya yang menakjubkan. Dan banyak orang ahli yang berpendapat bahwa sistemnya itu di kemudian hari akan membawa "revolusi" dalam pelajaran matematika di seluruh dunia.

Sebagai contoh di sini, perkalian dengan 11.
[a] angka terakhir dari bilangan yang dikalikan ditulis sebagai angka paling kanan dari jawabannya
[b] tiap angka selanjutnya ditambahkan pada angka di sebelah kanan itu
[c] angka pertama bilangan yang dikalikan menjadi angka paling kiri pada jawabannya

Itulah langkah terakhir hitungan ini

Contoh: 633 x 11

[a] tuliskan angka terakhir dari bilangan 633 sebagai angka paling kanan dari jawabannya :

633 x 11
------------
3

[b] tiap angka selanjutnya ditambahkan pada angka di sebelah kanannya : 3 + 3 = 6

633 x 11
------------
63

selanjutnya : 6 + 3 = 9

633 x 11
------------
963

[c] angka pertama dari bilangan 633 yaitu 6 menjadi angka paling kiri pada jawabannya

633 x 11
-------------
6963

Ini hanya sebagian kecil dari buku yang sangat menarik ini. he3. tertarik?

Bagi yang berminat, buku ini tersedia di ruangan saya, math faculty room, secondary building B.

keep on math-ing!


6 comments:

HI said...

ini kunjungan balasan. Kebetulan saya juga punya buku ini diantara koleksi buku-buku saya. Saya baca waktu deman sempoa beberapa tahun lalu dan banyak orang tua yang ingin anak-anaknya diajari cara cepat berhitung.

tara xy said...

mas.. buku nya jual dmn yah kira2? kebetulan saya tinggal di jakarta. lagi pengen byk belajar matematika lagi nih.
udh terlalu bodoh otak saya perlu pemanasan.
soalnya saya cari di gramedia (situs) ga ada.
terima kasih

persahabatan said...

assalamualaikum mas

mas saya minta tolong sekali untuk berkehendak memberikan ebook download sistem kilat matematika dasar metode trachtenberg. saya sangat membutuhkannya saya sempat punya nyari di pasar tapi dengan harga yang murah
saya mendapatkannya dan tidak lengkap atau udah banyak yang hilang. mohon mas saya minta bantuannya. waktu saya baca entah mengapa masuk ke otak saya. saya berada di MEDAN-KISARAN sumatra utara. mohon mas berikan lewat e-mail: ma3a@telkom.net atau mas berikan linknya nanti saya download. saya sangat mengharapkan bantuan mas. terimakasih mas udah membuka jalan pikiran saya yang tadinya saya anggap sulit tapi dengan adanya ide mas saya merasa enak.

Unknown said...

Assalamu Alaikum....

mas.. bagaimana ya aku bisa dapatkan Metode Trachtenberg ini. soalnya aku tertarik dan aku mau terapkan di sekolah. aku di daerah yang jauh Sulawesi Tenggara Kota Bau-Bau. aku butuh secepatnya. kalau ada info hub aku di masyharali@yahoo.co.id.

Atas infonya aku ucapkan banyak terima kasih...

Wassalam

poetry nugra said...

selamat siang pak... saya seorang mahasiswi jurusan PGSD, kalau boleh, saya minta ebook buku ini, karena saya kurang menguasai matematika...
terima kasih.

Nhovii Sii Vhidaa said...

assalamu'alaikum...
mas, kloo ada ebooknya...
bolee saya minta...
saya butuh bangett...
email saya :: novhiidaa@ymail.com
makasiii :)